Senin, 09 Maret 2015

Rangkuman SIA

Rangkuman BAB I ( Konsep Dasar SIA )
                SIA menurut wilkinson (1993) adalah suatu kerangka pengordinasian sumber daya ( data, materials,equiptment,suppliers,personal,and funds) untuk mengkonversi input berupa data ekonomik menjadi keluaran berupa informasi keuangan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan suatu entitas dan menyediakan informasi akuntansi bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
                Fungsi SIA
1.       Mengumpulkan dan menyimpan data (aktivitas dan transaksi )
2.       Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan
3.       Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Pengendalian data
 
 

Skema fungsi SIA.                                                                                    
 





Subsistem SIA (memproses transaksi keuangan dan non keuangan yang berpengaruh terhadap lapaoran keuangan.subsistem SIA tediri dari 3 subsistem yaitu:
1.       Sistem pemprosesan transaksi: mendukung proses operasi bisnis harian
2.       Sistem buku besar/pelaporan keuangan:menghasilkan laporan Keuangan. laporan  L/R,neraca,arus kas,pengembalian pajak.
3.       Sistem pelaporan manajemen:yang menyedikan pihak manajemen internal berbagi  laporan keuangan bertujuan khusus serta informasi yang digunakan untuk pengambilan keputusan, seperti anggaran,laporan kinerja,serta tanggungjawaban.
Cara kerja SIA
1.       Mengoleksi data yang berkaitan dengan aktivitas dan transaksi organisasi.
2.       Mentransformasi data kedalam informasi sehingga manajemen dapat menggunakan untuk menjalankan organisasi.
3.       Menjamin ketersedian,keandalan,keakuratan informasi.
Manfaat SIA
1.       Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
2.       Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan.
3.       Meningkatkan efisien.
4.       Meningkatkan kemapuan dalam pengambilan keputusan.
5.       Meningkatkan sharing knowledge
6.       Menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar