Senin, 09 Maret 2015

score keping---- problem solving

Implementasi  Akuntansi Manajemen dalam dunia Kerja
Oval Callout: Masalah yang harus di perhatikan adalah pengecekan status barangTeknologi informasi sangat penting di dalam dunia kerja  terutama ilmu akuntansi manajemen secara tradisional akuntansi manajemen di fokuskan untuk score keping (Bagaimana Tugas  dapat dilakukan dengan baik ),attention-directing (Masalah mana yang harus dapat perhatian ),Problem solving (alternatif mana yang harus di pilih dalam memecahkan masalah ).sebagai seorang Inventory control di perusahaan yang cukup besar /berskala nasional walapun belum go public yaitu PT.Indomarco Prismatama.banyak sekali masalah yang timbul dalam kegiatan  kerja saya sehari-hari,kebetulan dalam 3 bulan terakhir ini saya di posisikan sebagai filter barang rusak,saya bertugas mengawasi kegiatan pengecekan oleh bagian return toko di gudang induk.dari pengecekan personil return toko tersebut maka akan ada 3 hasil yang mungkin,pertama di terima sebagai return barang baik,kedua return barang rusak atau ketiga, return ke suplier. Penjawaban atas barang yang akan di jadikan  rusak toko maka akan menjadi beban rusak toko ini berasal dari barang-barang yang tidak bisa return ke suplier(Putus/tidak ada perjanjian return ke suplier antara perusahaan dengan suplier barang),dan penjawaban barang return suplier akan di jadikan pengurang tagihan/piutang dagang.dan penjawaban barang baik maka akan di kirim lagi ke toko untuk di sales.untuk penjawaban barang rusak toko maka hal ini  akan sangat berpengaruh terhadap performa sales toko. Yang menjadi masalah adalah kesalahan jawab atas kreteria barang yang semestinya bisa di return ke suplier malah di jawab sebagai barang rusak toko,kemudian masalah berikutnya karena dalam pengecekan setiap seseorang memiliki penilaian masing-masing maka ini akan terjadi perbedaan dalam perlakuan terhadap penjawaban barang.untuk lebih mendetailkan alur return barang lihat bagan berikut:
Regular Pentagon: Gudang induk
1.Pengecekan status barang
2.Penyimpan/ return ke suplier
3.Pengiriman barang ke toko
 


Up Arrow Callout: Store
Toko 
                                     

Right Arrow: Return barang
 








                   Untuk mengatasi masalah kesalahan pengecekan barang maka membuat syistem /kriteria barang  agar persepsi dan penilaian tiap personil pengecek/cheker sama.sayang nya syistem tersebut hanyalah sebuah kriteria tertulis dalam file excel .dengan jumlah barang yang begitu banyak sekitar 5000 jenis barang maka kemungkinan kesalahan masih ada.dan tugas saya meminimalkan kesalahan dari para cheker tersebut, cara yang digunakan dengan breffing kreteria barang  setiap minggu,update kreteria barang setiap ada perubahan kreteria barang,dan saat ini sedang di buat sebuah syistem komputerisasi agar meminimalkan sebuah penjawaban yang salah.dimana sedang di kembangkan program/software yang bisa membuat dan menganalisa apakah barang tersebut harus dimasukan ke dalam kreteria retur suplier,barang baik,atau barang rusak toko. Ini  merupakan pemanfaatan sebuah teknologi informasi sebagai penunjang perusahaan agar perusaahan semakin meminimalkan kerugian/biaya atas salah penanganan barang yang seharusnya bisa di return ke suplier sebagai pengurang tagihan/piutang dagang.
         Piutang dagang    XXX                                                                                                  
                   Return pembelian     XXX
Tabel.1 (Akuntansi manajemen )
Score keping
Attention-directing
Problem solving
Perlakuakan barang return sesuai dengan kreteria barang.
Salah jawab
Brefing kreteria barang tiap minggu


Update kreteria barang setiap ada perubahan


Membuat syistem komputerisasi

Misal.
Tabel. 2 ( kreteria barang )
No
Code barang
Desc
Status
Kriteria barang
Kreteria return
Datang dr suplier
Kirim ke toko
Dari toko
Ke suplier
1
0003
Floridina orange 330ml
RT
14 bulan
12 bulan
3 bulan
2 bulan
2
0004
Bendera susu coklat 385gr
PT
9 bulan
7 bulan
1 bulan
-
 Ket: RT = Return suplier      PT=Putus               
          Batasan Barang datang dari suplier di hitung dari tanggal expired date pada produk.
                   Jadi bila ada return dari toko maka harus di jawab/ditangani sesuai kreteria barang. Dari tabel di atas return item floridina orange 330ml bila exp 3 bulan maka harus di return ke suplier dan menjadi pengurang tagihan/hutang dagang.dan return item Bendera susu coklat 385gr yang exp <1bulan dari ED produk.maka akan menjadi barang rusak toko.dan menjadi beban rusak toko.karena produk tersebut putus/tidak bisa return kesuplier.
Tugas mata kuliah Akuntansi Manajemen
Nama       : Supriono
NPM         : 13133100134
Kelas        : Akuntansi  B ( IV )

    
                  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar