Selasa, 13 Januari 2015

statistik ekonomi

No Pertanyaan  SIGNIFIKANSI KETERANGAN
  A. Cara Mengajar Dosen    
1 dosen tidak membosankan ketika mengajar 0 VALID
2 dosen mengajar tidak  hanya membaca sama dengan materi yang tertulis 0 VALID
3 dosen sabar dalam mengajar sampai mahasiswa dapat memahami materi 0,002 VALID
4 dosen rajin dalam meng-upload materi ke e-learning 0 VALID
5 dosen menyampaikan materi mudah dipahami oleh mahasiswa 0 VALID
6 dosen  menjelaskan kepada mahasiswa dengan rinci sehingga mahasiswa benar-benar mampu menyerap materi 0 VALID
7 dosen tidak mengajar mahasiswa dalam suasana yang tegang 0 VALID
8 dalam penyampaian materi, dosen tidak pernah membuat mahasiswa mengantuk 0 VALID
9 dosen selalu energik dalam mengajar 0 VALID
10 dosen bersikap sabar terhadap mahasiswa yang kurang pandai dalam menyerap materi 0,001 VALID
11 dosen menegur mahasiswa yang tidak konsen saat perkuliahan 0,084 TIDAK VALID
12 dosen mengajar sesuai silabus 0 VALID
13 dosen dapat menciptakan suasana belajar yang menarik 0 VALID
14 dosen menguasai teknologi informasi dalam mengajar 0 VALID
15 dosen mampu memberikan motivasi pada mahasiswa saat mengajar 0 VALID
16 dosen sering menggunakan bahasa inggris dalam mengajar mahasiswa 0 VALID
17 dosen menciptakan suasana yang nyaman bagi mahasiswanya 0 VALID
18 dosen tidak berbelit-belit saat menyampaikan materi 0 VALID
19 dosen menyampaikan materi selalu menggunakan power point 0 VALID
20 dosen selalu memberikan waktu untuk bertanya kepada mahasiswa 0,645 TIDAK VALID
21 dosen selalu memberi materi tertulis (hand out) sebelum memulai materi 0 VALID
22 dosen menggunakan surat elektronik (email) saat memberikan tugas 0 VALID
23 dosen selalu memberikan study kasus dalam mengajar 0 VALID
24 dosen selalu menyisipkan nilai-nilai moral di setiap pelajarannya 0,003 VALID
25 dosen memberikan tugas tambahan untuk mahasiswa yang mendapatkan nilai jelek 0,006 VALID
26 dosen memberikan kisi-kisi sebelum ujian 0,004 VALID
27 dosen memberikan materi melalui diskusi 0,084 TIDAK VALID
  Dikatakan valid jika alpha(signifikansi )< 0,05 (5%)    
  B. Sistem Penilaian    
1 dosen mudah dalam memberikan nilai 0,001 VALID
2 dosen selalu mengabsen mahasiswa satu per satu 0,001 VALID
3 dosen memberi penghargaan pada mahasiswa berprestasi 0 VALID
4 dosen memberikan nilai mahasiswa secara obyektif 0 VALID
5 dosen tidak mempersulit mahasiswa dalam memberikan nilai kepada mahasiswa yang kehadirannya kurang 0 VALID
6 dosen tidak memberikan soal ujian yang sulit 0 VALID
7 dosen memberikan nilai tambah kepada mahasiswa yang aktif 0 VALID
8 dosen terbuka dalam memberikan komposisi penilaian 0 VALID
  Dikatakan valid jika alpha(signifikansi )< 0,05 (5%)    
  C. Penampilan Dosen    
1 dosen berpakaian rapi (tidak pernah menggunakan kaos) 0 VALID
2 dosen selalu datang dengan wajah menyenangkan 0 VALID
3 dosen berparas cantik/ganteng 0 VALID
4 dosen menggunakan busana yang pantas di dalam kelas 0 VALID
5 dosen berpenampilan sederhana 0 VALID
  Dikatakan valid jika alpha(signifikansi )< 0,05 (5%)    
  D. Latar Belakang Pendidikan    
1 dosen memiliki latar belakang pendidikan S2 0 VALID
2 dosen berlatarbelakang pendidikan yang sesuai dengan mata kuliah yang diajarkan 0 VALID
3 dosen lulusan dari universitas terkemuka di Indonesia 0 VALID
  Dikatakan valid jika alpha(signifikansi )< 0,05 (5%)    
  E. Profesional    
1 dosen selalu tepat waktu dalam mengajar sesuai jadwal yang ditentukan Universitas 0 VALID
2 dosen mudah untuk ditemui diluar jam perkuliahan 0,002 VALID
3 dosen tidak menceritakan urusan pribadi disaat perkuliahan 0 VALID
4 dosen menyampaikan materi sesuai dengan inti permasalahan 0 VALID
5 dosen memberi hukuman terhadap kesalahan mahasiswa 0 VALID
6 dosen tidak pernah curhat saat mengajar 0,005 VALID
7 dosen mau menyediakan waktu khusus untuk bimbingan diluar jam perkuliahan 0 VALID
8 dosen menguasai materi yang diampunya 0 VALID
9 dosen menginformasikan terlebih dahulu saat tidak ada perkuliahan 0 VALID
10 dosen selalu memberikan hasil ujian kepada mahasiswa 0,002 VALID
11 dosen berkenan menjawab pertanyaan mahasiswa di luar jam pelajaran 0,001 VALID
12 dosen tidak membeda-bedakan mahasiswanya di tiap kelas 0,004 VALID
13 dosen tidak pernah kosong dalam mengisi mata kuliah 0 VALID
14 dosen datang tepat waktu 0 VALID
15 dosen selalu mengakhiri perkuliahan sesuai jam yang telah ditentukan   VALID
  Dikatakan valid jika alpha(signifikansi )< 0,05 (5%)    
  F. Sikap Dosen    
1 dosen mengajar tidak sambil menggunakan HP di dalam kelas 0,099 TIDAK VALID
2 dosen mengajar dengan humoris 0,001 VALID
3 dosen tidak mudah tersinggung 0 VALID
4 dosen selalu menyapa mahasiswa dimana saja 0 VALID
5 dosen selalu bersikap ramah kepada mahasiswa 0 VALID
6 dosen mengapresiasi setiap usulan mahasiswa 0 VALID
7 dosen suka berbaur dengan mahasiswa 0 VALID
8 dosen selalu menggunakan bahasa yang sopan saat perkuliahan 0 VALID
9 dosen memberikan contoh yang berperilaku baik 0 VALID
10 dosen tidak pernah mengantuk di kelas 0 VALID
11 dosen mampu memahami karakter mahasiswa 0 VALID
12 dosen menerima pengaduan keluhan dari mahasiswa 0 VALID
13 dosen tidak pernah bersikap kaku terhadap mahasiswa 0 VALID
14 dosen tidak pernah ingin menang sendiri 0 VALID
15 dosen tidak pernah bersikap atau berkata-kata kasar 0 VALID
16 dosen tidak pernah mengeluh "capek" saat mengajar karena telah mengajar dari pagi 0,008 VALID
  Dikatakan valid jika alpha(signifikansi )< 0,05 (5%)    
  G. Toleransi Dosen terhadap Mahasiswa    
1 dosen memberikan toleransi waktu keterlambatan bagi mahasiswa 0 VALID
2 dosen selalu memberikan perhatian khusus terhadap mahasiswa yang kurang memahami materi 0 VALID
3 dosen tidak pernah marah saat mengajar apabila ada yang membuat gaduh sendiri 0 VALID
4 dosen tidak memberikan peraturan yang memberatkan mahasiswanya 0 VALID
5 dosen memberikan toleransi kepada mahasiswa yang terlambat mengumpulkan tugas 0 VALID
6 dosen memberikan toleransi kepada mahasiswa untuk masuk kelas walaupun mahasiswa datang terlambat lebih dari 15 menit 0 VALID
  Dikatakan valid jika alpha(signifikansi )< 0,05 (5%)    
No Pertanyaan    
   
  H. Kepuasan Mahasiswa    
1 Saya puas dengan cara mengajar dosen yang menyenangkan 0 VALID
2 Saya puas dengan sistem penilaian dosen yang obyektif 0 VALID
3 Saya puas dengan penampilan dosen yang rapi saat mengajar 0 VALID
4 Saya puas dengan latar belakang pendidikan dosen yang sesuai dengan mata kuliah yang beliau ajarkan 0 VALID
5 Saya puas dengan penjelasan dosen saat mengajar yang mudah untuk dipahami 0 VALID
6 Saya puas dengan sikap dosen yang tidak mudah tersinggung 0 VALID
7 Saya puas dengan sikap dosen yang memberikan toleransi kepada mahasiswa saat terlambat 0 VALID
8 Saya puas dengan dosen yang memberikan materi terlebih dahulu sebelum mengajar 0 VALID
9 Saya puas dengan dosen yang rajin mengupload materi di e-learning 0 VALID
10 Saya puas dengan sikap dosen yang ramah dengan mahasiswa 0 VALID
11 Saya puas dengan dosen yang selalu datang tepat waktu 0 VALID
12 Saya puas dengan dosen yang memahami karakter mahasiswa 0 VALID
13 Saya puas dengan dosen yang menguasai teknologi informasi 0 VALID
14 Saya puas dengan dosen yang menghargai prestasi mahasiswa 0 VALID
15 Saya puas dengan dosen yang berkenan menjawab pertanyaan di luar jam perkuliahan 0 VALID
16 Saya puas dengan dosen yang tidak membeda-bedakan mahasiswanya 0 VALID
17 Saya puas dengan dosen yang mengajar sesuai dengan silabus 0 VALID
18 Saya puas dengan dosen yang mampu memberikan motivasi kepada mahasiswa 0 VALID
19 Saya puas dengan penampilan dosen yang sederhana 0 VALID
20 Saya puas dengan dosen yang mudah ditemui 0 VALID
Dikatakan valid jika alpha(signifikansi )< 0,05 (5%)
Kesimpulan hasil Uji Validitas Pertanyaan
1.       Dari instrumen pertanyaan A.Cara Mengajar Dosen ,bahwa pertanyaan  A11 (Dosen menegur Mahasiswa yang tidak Konsen saat Perkulihaan ) tidak valid dengan di tunjukan dengan nilai signifikansi lebih dari 5%(>0.05) yaitu nilai SIG 0.084 pertanyaan tersebut tidak lagi digunakan untuk UJI Hipotesis.
2.       Pertanyaan A20 (  Dosen selalu memberikan waktu Untuk Bertanya kepda Mahasiswa ) tidak valid dengan ditujukan dengan tingkat signifikansi lebih dari 5%(>0.05) yaitu nilai SIG 0.645 dan instrumen Pertanyaan tersebut tidak digunakan dalam uji Hipotesis
3.       Pertanyaan A27 (Dosen memberikan Materi Melalui Diskusi ) tidak valid dengan ditujukan dengan tingkat signifikansi lebih dari 5%(>0.05) yaitu nilai SIG 0.084 dan instrumen Pertanyaan tersebut tidak digunakan dalam uji Hipotesis
4.       Dari instrumen Pertanyaan F.Sikap Dosen terhadap Mahasiswa ,Bahwa instrumen pertanyaan F1 ( Bahwa Dosen tidak Menggunakan HP di dalam Kelas ) dinyatakan tidak valid dengan ditunjukan dengan nilai Signifikansi lebih dari 5%(>0.05)yaitu nilai SIG 0.099 dan instrumen Pertanyaan tersebut tidak digunakan dalam uji Hipotesis
5.       Untuk instrumen Pertanyaan yang lain dinyatakan Valid sebanyak 96 pertanyaan dan yang tidak valid terdapat 4 pertanyaan.


1.C  Uji  Reabilitas

Reabilitas adalah ukuran yang Menunjukan bahwa alat ukur yang
digunakan dalam penelitian mempunyai keandalan sebagai alat ukur.
diantaranya di ukur melalui konsistensi hasil pengukuran dari waktu ke waktu.
jika fenomena yang diukur tidak berubah (Harrison,di dalam Zulganef,2006) .
syarat suatu pertanyaan dikatakan reliabel jika hasil uji menunjukan koef cronbach alpha lebih besar 0.900.
dan hasil uji instrumen penelitian memiliki koefisien cronbach alpha lebih dari  atau samadengan  0.70 (70%) .
Berikut hasil Uji Reliabilitas dari Kepuasan Mahasiswa terhadap Drs.Hari Purnomo.
Cara Mengajar
Tabel 2.1
Reliability Statistics
Cronbach's Alpha
Cronbach's Alpha Based on Standardized Items
N of Items
0,909
0,911
24
Keterangan:
Masing-masing indikator dari variabel cara mengajar menghasilkan Cronbach Alpha
90,9% yang menurut kriteria Nunnaly dapat disimpulkan bahwa indikator tersebut
cukup reliabel karena memiliki nilai Cronbach Aplha >60%
Sistem Penilaian
Tabel 2.2
Reliability Statistics
Cronbach's Alpha
Cronbach's Alpha Based on Standardized Items
N of Items
0,741
0,752
8
Keterangan:
Masing-masing indikator dari variabel cara mengajar menghasilkan Cronbach Alpha
74,1% yang menurut kriteria Nunnaly dapat disimpulkan bahwa indikator tersebut
cukup reliabel karena memiliki nilai Cronbach Aplha >60%
Penampilan Dosen
Tabel 2.3
Reliability Statistics
Cronbach's Alpha
Cronbach's Alpha Based on Standardized Items
N of Items
0,767
0,788
5
Keterangan:
Masing-masing indikator dari variabel cara mengajar menghasilkan Cronbach Alpha
76,7% yang menurut kriteria Nunnaly dapat disimpulkan bahwa indikator tersebut
cukup reliabel karena memiliki nilai Cronbach Aplha >60%
Latar Belakang Pendidikan Dosen
Tabel 2.4
Reliability Statistics
Cronbach's Alpha
Cronbach's Alpha Based on Standardized Items
N of Items
0,685
0,692
3
Keterangan:
Masing-masing indikator dari variabel cara mengajar menghasilkan Cronbach Alpha
68,5% yang menurut kriteria Nunnaly dapat disimpulkan bahwa indikator tersebut
cukup reliabel karena memiliki nilai Cronbach Aplha >60%
Profesionalitas Dosen
Tabel 2.5
Reliability Statistics
Cronbach's Alpha
Cronbach's Alpha Based on Standardized Items
N of Items
0,828
0,841
15
Keterangan:
Masing-masing indikator dari variabel cara mengajar menghasilkan Cronbach Alpha
82,8% yang menurut kriteria Nunnaly dapat disimpulkan bahwa indikator tersebut
cukup reliabel karena memiliki nilai Cronbach Aplha >60%
Sikap Dosen
Tabel 2.6
Reliability Statistics
Cronbach's Alpha
Cronbach's Alpha Based on Standardized Items
N of Items
0,873
0,88
15
Keterangan:
Masing-masing indikator dari variabel cara mengajar menghasilkan Cronbach Alpha
87,3% yang menurut kriteria Nunnaly dapat disimpulkan bahwa indikator tersebut
cukup reliabel karena memiliki nilai Cronbach Aplha >60%
Toleransi Dosen Terhadap Mahasiswa
Tabel 2.7
Reliability Statistics
Cronbach's Alpha
Cronbach's Alpha Based on Standardized Items
N of Items
0,726
0,735
6
Keterangan:
Masing-masing indikator dari variabel cara mengajar menghasilkan Cronbach Alpha
72,6% yang menurut kriteria Nunnaly dapat disimpulkan bahwa indikator tersebut
cukup reliabel karena memiliki nilai Cronbach Aplha >60%
Kepuasan Mahasiswa
Tabel 2.8
Reliability Statistics
Cronbach's Alpha
Cronbach's Alpha Based on Standardized Items
N of Items
0,936
0,941
20
Keterangan:
Masing-masing indikator dari variabel cara mengajar menghasilkan Cronbach Alpha
93,6% yang menurut kriteria Nunnaly dapat disimpulkan bahwa indikator tersebut
cukup reliabel karena memiliki nilai Cronbach Aplha >60%
NO
VARIABEL
CRONBACH'A ALPHA
KETERANGAN
CA
KESIMPULAN
1
Cara Mengajar Dosen
0,909
90,9>60%
Reliabel karena memiliki cronbach alpha lebih dari 60%
2
Sistem Penilaian Dosen
0,741
74,1>60%
Reliabel karena memiliki cronbach alpha lebih dari 60%
3
Penampilan Dosen
0,767
76,7>60%
Reliabel karena memiliki cronbach alpha lebih dari 60%
4
Latar Belakang Pendidikan Dosen
0,685
68,5>60%
Reliabel karena memiliki cronbach alpha lebih dari 60%
5
Profesionalitas Dosen
0,828
82,8>60%
Reliabel karena memiliki cronbach alpha lebih dari 60%
6
Sikap Dosen
0,873
87,3>60%
Reliabel karena memiliki cronbach alpha lebih dari 60%
7
Toleransi Dosen Terhadap Mahasiswa
0,726
72,6>60%
Reliabel karena memiliki cronbach alpha lebih dari 60%
8
Kepuasan Mahasiswa
0,936
93,6>60%
Reliabel karena memiliki cronbach alpha lebih dari 60%



1.D  Uji Hipotesisi


         UJI HIPOTESIS

KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP DOSEN


Keterangan:

H1 : Cara Mengajar

H2 : Sistem Penilaian

H3 : Penampilan Dosen

H4 : Latar Belakang Pendidikan

H5 : Profesional

H6 : Sikap Dosen

H7 : Toleransi Dosen Terhadap Mahasiswa

Tabel 3.1
1.C  Uji  Reabilitas

Coefficientsa
Model Unstandardized Coefficients Std. Error Standardized Coefficients t Sig. 95% Confidence Interval for B Upper Bound Correlations Partial Part Collinearity Statistics VIF
B Beta Lower Bound Zero-order Tolerance
1 (Constant) -9,506 11,485   -0,828 0,412 -32,638 13,627          
  JA 0,072 0,105 0,092 0,685 0,497 -0,139 0,282 0,579 0,102 0,062 0,465 2,15
  JB 0,21 0,281 0,082 0,745 0,46 -0,357 0,776 0,458 0,11 0,068 0,692 1,444
  JC 2,07 0,565 0,451 3,665 0,001 0,932 3,207 0,682 0,479 0,334 0,55 1,819
  JD 0,915 0,632 0,148 1,449 0,154 -0,357 2,187 0,414 0,211 0,132 0,794 1,26
  JE 0,452 0,174 0,304 2,592 0,013 0,101 0,804 0,594 0,36 0,236 0,604 1,656
  JF -0,127 0,208 -0,079 -0,611 0,544 -0,546 0,292 0,503 -0,091 -0,056 0,5 2,001
  JG 0,268 0,417 0,068 0,643 0,524 -0,572 1,108 0,368 0,095 0,059 0,736 1,359


dependent variable = JH
persamaan regresinya

Ringkasan hasil pengujian hipotesis:           
HipotesisSigPernyataanKeterangan      
H10,4970,497>0,05Cara mengajar dosen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa karena nilai signifikansi diatas 5%      
H20,460,46>0,05Sistem penilaian dosen tidak berpengaruh secara signifikan terhdap kepuasan mahasiswa karena nilai signifikansi diatas 5%      
H30,0010,001<0,05Penampilan dosen berpengaruh secara signifikan terhdap kepuasan mahasiswa karena nilai signifikansi dibawah5%      
H40,1540,154>0,05Latar belakang pendidikan tidak berpengaruh secara signifikan terhdap kepuasan mahasiswa karena nilai signifikansi diatas 5%      
H50,0130,013<0,05Profesi dosen  berpengaruh secara signifikan terhdap kepuasan mahasiswa karena nilai signifikansi dibawah5%      
H60,5440,544>0,05Sikap dosen tidak berpengaruh secara signifikan terhdap kepuasan mahasiswa karena nilai signifikansi diatas 5%      
H70,5240,524<0,05Toleransi dosen tidak berpengaruh secara signifikan terhdap kepuasan mahasiswa karena nilai signifikansi diatas 5%      
             
H           
Y = -9506+ 0,072A + 0,21B + 2,07C + 0,915D + 0,452E - 0,127F +0,268G           
Keterangan:           
A: Cara Mengajar           
B: Sistem Penilaian           
C: Penampilan Dosen           
D: Latar Belakang Pendidikan          
E: Profesional Dosen          
F: Sikap Dosen          
G: Toleransi Dosen Terhadap Mahasiswa         
           
Dari variable cara mengajar, sistem penilaian, penampilan dosen, latar belakang pendidikan, profesional dosen, sikap dan toleransi dosen terhadap              
mahasiswa yang di masukkan kedalam persamaan regresi menunjukan bahwa hasil probabillitas signifikan yang lebih besar dari 5% berarti bahwa           
variable-variable tersebut tidak signifikan.           
Tabel 3.2            
Model Summary    
ModelRR SquareAdjusted R SquareStd. Error of the EstimateChange Statistics    
R Square ChangeF Changedf1df2Sig. F Change    
1.791a0,6260,5676,3360,62610,7427450    
a. Predictors: (Constant), JG, JE, JD, JC, JB, JF, JA    
Dari tabel Model  Summary dapat disimpulkan bahwa Cara Mengajar, Sistem Penilaian, Penampilan , Latar Belakang Pendidikan, Profesional,  sikap,
dan Toleransi Dosen berpengaruh sebesar 56.7 % terhadap Kepuasan Mahasiswa, sedangkan 43.3% yang lain dipengaruhi oleh variable lain yang  
tidak kami teliti.           
Tabel 3.3            
ANOVAb       
Model Sum of SquaresdfMean SquareFSig.       
1Regression3018,2237431,17510,742.000a       
 Residual1806,3054540,14         
 Total4824,52852          
a. Predictors: (Constant), JG, JE, JD, JC, JB, JF, JA       
b. Dependent Variable: JH       
              
Dari tabel ANOVAb diperoleh nilai probabilitas (sig)=0,000 lebih kecil dari probabilitas 0.05 atau nilai 0,000<0.05 maka dapat disimpulkan bahwa             
variable-variable independent berpengaruh terhadap variable dependent. 
              


                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar